Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu yaaa

Jumat, 18 Juni 2010

First

“ ini farah ?! ya ampuun…. Udah gede banget kamu sekarang ya. Apa kabar sayang ?”
“oh, emh.. baik tante. Tante gimana ?”cewek manis yang bernama farah tadi menjawab dengan gelagapan pertanyaan wanita paruh baya yang berdiri dihadapannya. Bukan gelagapan karena harus berhadapan sama wanita paruh baya. Tapi, lebih dari itu. Matanya dari tadi ga bias lepas dari seorang yang dia yakin sangat dirindukannya. Seseorang yang entah udah berapa lama coba dia lupain. Tapi, belum lagi wanita paruh baya itu menjawab pertanyaan farah, ……
“tan, farah ke kamar dulu ya tan… kebelet.” Setelah berpamitan, farah langsung beranjak ke atas. Tapi, bukan ke kamarnya…..
“bang……!” belum siap farah ngomong, abangnya udah nyambar duluan.
“hei, udah ketemu lo ama dia?”
“Rangga maksud lo bang ?” farah langsung ngangak ga percaya
“ia rangga, mau lo?” abangnya bingung sendiri ngeliat tingkah adek semata wayangnya ini.
“serius lo bang, dia rangga?” farah bener bener ga bisa percaya sama apa yang barusan dia denger. Rangga. Rangga. Rangga. Nama itu bener bener Menuhin otaknya.
“ya iala rangga. Lo kira siapa emang ?” jawaban abangnya ini udah ga didenger lagi sama farah. Dia udah sibuk sama fikirannya sendiri, dan yang didenger abangnya Cuma hembusan nafas farah. Berat. Seolah-olah ada hal berat yang dia tanggung.
*****
“raaaah…. Makan yuk….. udah ditungguin itu sayang.” Bunda farah manggil farah supaya turun buat makan malam.
“Ia bundaaaaa. Bentar. Lagi nanggung,bun.” Farah menyahut dari kamarnya. Setelah ngesave pekerjaannya, farah langsung matiin laptopnya dan beranjak turun ke ruang makan.
Di ruang makan,…..
“waah, farah… ayo duduk disini.” Tante paruh baya tadi mempersilahkan farah duduk di sampingnya. Farah langsung duduk tanpa ngucapin sepatah kata pun. Matanya masih tetap tertuju sama orang yang sama. Yang sekarang duduk di seberangnya. Yang sepertinya enggan menoleh ke arahnya. Dan selama makan malam juga farah menjadi seorang yang pendiam. Ga seperti biasanya. Farah Cuma jawab kalo ditanya, dan jawabannya pun sering hanya berupa anggukan atau gelengan. Dan ini ngebuat abang farah ngerasa ada sesuatu yang aneh sama adeknya.
*****
Setelah makan malam, farah langsung masuk kekamarnya. Dia masih ga habis fikir sama apa yang udah terjadi hari ini. Kedatangan Rangga, temen masa kecilnya yang bener bener dia kangenin, dan yang bener bener udah coba dia lupain. Sikap rangga yang seolah-olah gak pernah kenal farah. Itu semua buat dia bingung. Bayangan masa kecilnya langsung menuhin fikirannya, sampe sampe dia ga sadar udah ada orang di sampingnyaaa..
“rah….!”
“gila lo bang !!! lo ngagetin banget tau !! sejak kapan?” belum siap farah ngomong
“lo kenapa?” abangnya udah nanya dengan nada yang care banget. Nada bicara yang selalu bisa nelanjangin -fikiran- farah.
“kenapa gimana?” farah yang tau banget abangnya, tetep aja nyoba buat ngeles. Tapi, sama seperti sebelum sebelumnya. Abangnya ga ngucapin apapun. Tetap diam. Diam sampe farah mau cerita sendiri. Farah yang udah tau banget, ga langsung cerita. Dia diem sebentar sampe akhirnya keluar satu nama dari mulutnya. Yang ga lain dan ga bukan adalah Rangga.
Abangnya tau persis adeknya yang satu ini lagi mikirin orang yang tiba tiba dateng itu. Orang yang dulu bener bener dia sayang. Tapi, entah untuk sekarang. Seorang rangga yang buat adeknya gini. Abangnya ga ngomong apapun lagi, yang dia lakuin cuma meluk farah, berharap farah bisa ngelupain semuanya.
*****
“pagi bundaa, pagi pa, pagi tantee….” Farah nyapa semua orang yang ada di ruang makan.
“pagi..” dingin. Suara yang cowok banget. Rangga.
Belum sempat farah mikir yang lain lain, “ SMA? PAKAIAN? ATRIBUT? ” farah spontan kaget ngeliat rangga make seragam SMA dan atribut yang sama. Sama sama yang kayak dia pake. Oh my god. Farah ngerasa semua ini bakalan jadi makin susah. Dan moodnya berubah jadi buruk pagi ini. Bundanya berbaik hati menitipkan anaknya sama seorang cowok yang benar benar di hindarin farah-yah buat sekarang ini.
Dan hari ini, bukan. Bukan cuma hari ini, tapi seterusnya. Farah ga bawa mobil lagi kesekolah. Tapi, bakalan terus bareng sama orang yang dia hindarin. Dan itu buat farah jadi makin bingung. Dan karena gatau mesti gimana lagi, farah akhirnya nurut aja apa yang bundanya perintahin.
*****
Begitu nyampe disekolah, farah direpotin karena harus nemenin cowok gagu ini ke ruangan Tata Usaha. Gagu? Ya, farah nganggap cowok ini gagu, karena dia emang ga ngomong sepatah kata pun sama farah. Dan itu malah ngebuat farah makin BT. Tapi, dilain sisi bener aja yang di fikirin farah. heboh banget jadinya. Secara farah bukan jalan ama cowok yang biasa.
Sepanjang perjalanan ke ruang TU banyak banget yang natap farah dengan tatapan mupeng, yang seolah bicara “gileee cakep bangeeet siaaapaaaaa ituuuuuuuuuu”. Begitu sampe ke ruang TU dan ninggalin rangga disana, farah langsung jalan ke kelasnya.
Dan lagi-lagi bener aja. Belum sempat farah ngeletakin tasnya, farah udah dikerumunin sama temen-temenya yang langsung ngebanjirin farah sama pertanyaan. Dan satu yang farah denger “halah, paling bukan siapa siapa dia. Cuma anak baru yang minta dianterin ke TU”. Belum jadi farah jawab, tiba tiba aja bel bunyi dan semua murid langsung ngedumel karena belum dapat jawaban dari farah. Farah Cuma bisa bilang dia bakal cerita nanti.
Gak lama, guru mereka masuk. Dan ……. Kelas langsung ribut. Dan akhirnya farah tau penyebabnya……
“Aku rangga. Rangga Aditya. Aku pindahan dari makasar. Senang bisa kenal kalian.” Perkenalan yang diakhiri dengan senyum manis itu langsung mancing keributan dikelas. Sampe ada yang nyeletuk nanyain udah punya pacar atau belum lagi. Farah cuma bisa ngeliat rangga dari bangkunya, dan entah kenapa lagi lagi rangga enggan natap farah. Dan itu juga yang ngebuat farah gak konsen selama pelajaran.
Bel istirahat udah bunyi dari 5 menit yang lalu. Tapi murid murid cewenya belum mau beranjak dari kelas. Mereka malah asik ngerubungin rangga yang udah berbaur sama tio,danu,dan rey. Ya, mereka bertiga memang cowok yang mencolok di kelas. Bukan Cuma dikelas, tapi di SMA Pelita. Dan farah tau, rangga bakalan cepat dapat temen karena rangga anak yang supel.
“rah….. sini ! ikut gue !!” farah langsung ditarik sama sahabatnya keluar kelas.
“aduh cha… kenapa si lo ?” farah yang kaget jadi sebel karena ditarik tiba tiba. Sahabatnya itu memang keliatan banget bingungnya. Rangga lagi. Rangga lagi. Dan bener aja, begitu nyampe dikantin, icha langsung nyerang farah sama pertanyaan pertanyaan. Mulai dari rangga itu siapa, kenal dimana, sejauh apa hubungan farah sama rangga. Banyak banget deh.
“cha, rangga itu Cuma anak temen nyokap guaa!!” dari sekian banyak pertanyaan yang ditanya sama icha, farah Cuma jawab itu doang. Farah belum siap kalo icha tau tentang rangga. Walau farah janji sama dirinya sendiri kalo cepat atau lambat, icha bakalan dia kasih tau.
*****
Begitu pulang sekolah, Farah nyamperin rangga.
“gua pulang sama temen gua!” farah ogah ogahan ngomong sama rangga. Dan farah jadi makin BT gara gara farah ga digubris sama sekali. Ngeliat aja enggak. Akhirnya farah mutusin buat langsung pergi aja ninggalin rangga.
Farah makin BT begitu tau icha yang biasanya dijemput sama supirnya, hari ini dijemput mamanya gara gara mau pergi ke tempat neneknya. Mendadak. Dan karena gengsi plus udah keburu BT ama rangga, akhirnya farah milih pulang naik angkutan umum.
Pas lagi nunggu angkutan umum, mobil yang biasa dibawa farah, berenti pas, didepan farah. Dan farah tau itu Rangga. Farah sama rangga, sama sama diem. Sampe akhirnya rangga ngomong. Untuk pertama kalinya .
“ naik…” masih tetap dingin. Tapi, mau ga mau farah naik juga. Ketimbang nyasar. Maklum, selama ini farah bisa di itung deh naik angkutan umum, paling 2 kali.
Dan selama di mobil, farah sama rangga bener bener diem. Diem kaya orang yang ga pernah kenal sebelumnya. Sampe akhirnya farah sadar kalo mobil yang dibawa rangga ini gak ngelewatin jalan pulang kerumahnya. Karena males banget buat ngomong, farah diem aja. “paling ntar kalo nyasar nanya ke gua juga.” Batin farah.
Tapi farah salah. Ternyata rangga niat ke toko buku. Dan begitu nyampe di toko buku, rangga turun, dan………….
“lo mau tetep di mobil aja?” ucap rangga. Masih sama dinginnya.
“ia. Gua mau di mobil aja.” Balas farah sama dinginnya. Dan ternyata, rangga bukannya maksa farah buat ikut seperti yang farah harapin. Tapi, rangga justru langsung pergi masuk kedalam toko buku tanpa meduliin farah sedikitpun.
Farah BT setengah mampus gara gara dicuekin. Padahal seumur-umur farah belum pernah dicuekin sebegininya. Apalagi sama cowok. Makhluk yang biasanya ketar-ketir kalo deket farah. Farah jadi bingung mau ngapain. Kalo ntar turun, malah gatau mau ngapain. Kalo dimobil aja bosen.
“kayanya mendingan gua turun aja deh.” Batin farah. tapi, farah ngurungin niatnya karena dia takut kalo ntar malah susah ketemu rangga. Jadi akhirnya farah tetep nunggu di mobil. gatau seberapa lama rangga di toko buku. dan begitu rangga masuk mobil....., dia cuma senyum ngeliat cewek yang diem diem dia kangenin udah tertidur pulas.
*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar